Headline

Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh Ramai Dipenuhi Peziarah

Seorang warga, Nurleli menjelaskan ia bersama suami dan anak-anak setiap hari raya Idulfitri mengunjungi kuburan massal Gampong Siron karena diyakini sebagai lokasi pemakaman mertuanya yang jadi korban dalam bencana tsunami dahsyat itu.

“Meski tsunami sudah 18 tahun silam, tapi kami setiap hari raya, baik Idulfitri maupun Iduladha tetap berziarah di kuburan massal bencana ini,” katanya seperti dikutip Antara, Senin (2/5/2022).

Ziarah bersama keluarga di perkuburan bencana itu juga sebagai media pengingat atau pembelajaran terutama kepada generasi muda bahwa Aceh pernah dilanda gempa kuat yang disertai tsunami dengan ketinggian air belasan meter, dan banyak menelan korban jiwa, kata Nurleli.

“Khusus kepada anak-anak saya, mereka harus tahu bahwa Aceh pernah diterjang tsunami, yang menyebabkan kakek dan nenek serta saudara dari ayahnya dimakamkan di kuburan massal ini,” ujarnya seraya menambahkan mertuanya adalah warga Gampong Lampoh Daya yang bertaut sekitar dua kilometer dari pantai. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button