Headline

Rukyatul Hilal di Lampung Berlokasi di Dua Tempat

Kepala UPT Observatorium Astronomi Itera, Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc., mengatakan
pengamatan Hilal Ramadan 1443 H, akan dilakukan Jumat (1/4/2022) bekerja sama dengan Kemenag Lampung dan akan dipusatkan di Stasiun Pengamatan Bulan Internasional Itera dengan memanfaatkan Teleskop Ofyar Z Tamin (OZT)-ALTS ITERA.

“Penanggalan awal bulan Hijriah ditandai dengan terlihatnya bulan sabit muda (hilal) pada saat matahari tenggelam pada tanggal 29 bulan Hijriah. Jika pada tanggal tersebut tidak teramati hilal atau terhitung tidak mungkin teramati, maka tanggal pada bulan Hijriah akan digenapkan menjadi 30 hari,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa tahun ini, 29 Sya’ban 1443 H bertepatan pada tanggal 1 April 2022 sehingga OAIL Itera akan melakukan pengamatan hilal Ramadhan pada hari tersebut.

Pada hari itu diperkirakan konjungsi toposentrik terjadi pada tanggal 1 April 2022 pada pukul 14.13 WIB, sementara matahari terbenam di Bandarlampung pada pukul 18.05 WIB, dan bulan akan berada di atas horizon barat dengan umur bulan 03 jam 53 menit.

“Meski pada waktu pengamatan, yaitu pada pukul 18.05-18.16 WIB, cuaca diprediksi memiliki probabilitas berawan, dan hujan ringan, kami berharap pemantauan dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas. Penentuan awal bulan Ramadhan 1443 H juga akan tetap mengikuti ketetapan pemerintah Republik Indonesia melalui sidang isbat yang dikoordinasikan oleh Kemenag,” ujarnya. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button