Headline

Pemindahan IKN Wujudkan Pemerataan Ekonomi

“Penggerak ekonomi di IKN nantinya akan ditopang oleh Balikpapan dan Samarinda,” imbuh Rudy.

Dalam kesempatan yang sama, pengamat politik dan isu-isu strategis Imron Cotan mengatakan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dibutuhkan karena luas wilayah di sana (Jakarta) yang sebesar 661,5 km persegi sudah tidak mampu memberikan hunian yang nyaman bagi penduduknya.

“Standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia agar zona nyaman hunian bagi satu orang tercapai adalah 9 sampai 50 m persegi. Maka, dengan jumlah penduduk 11,25 juta jiwa, Jakarta memerlukan ruang publik setidaknya seluas 112,5 juta m persegi. Hal tersebut adalah mustahil karena luas wilayah Jakarta hanya sekitar 661,5 km persegi,” jelasnya.

Berita Terkait

Selanjutnya, ucap Imron, bila ruang yang memadai itu tidak terkabul, potensi pecahnya kekacauan sosial pun tinggal menunggu waktu.

Baginya, sempitnya lahan hunian, padatnya penduduk, dan terbatasnya sumber ekonomi memanglah akan mengarah membuat warga menjadi agresif sehingga tidak membingungkan kekacauan sosial sering terjadi di kota-kota besar.

“Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara dapat mencegah ledakan demografis yang berwujud kerusuhan sosial. Warga Kalimantan Timur yang saya temui beberapa waktu lalu pun sangat mendukung pemindahan IKN ini karena akan menciptakan peluang ekonomi, yang berkeadilan,” ucapnya. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button