Headline

Pengamat: Penunjukan Co-Chair G20 Jabar-Jakarta Tunjukkan Kapasitas

Persoalannya, menurut Karim keduanya dikenal bukan sebagai pimpinan atau kader partai politik.

Sementara itu, sampai saat ini tiket capres seakan-akan sudah diborong oleh ketua partai.

“Hanya ini persoalannya. Apakah (pasangan ini) kartu mati. Tidak, bahkan jika pimpinan parpol jeli, jarak yang dibangun RK dengan parpol misalnya, bisa menjadi nilai tambah dalam pandangan publik,” tuturnya.

Menurut Karim, di tengah penampilan parpol yang masih turun naik, penilaian terhadap calon yang bisa menjaga jarak proporsional dengan parpol akan menggugah simpati publik, dan keikhlasan untuk mendukungnya.

“Sehingga saya menilai keduanya tidak ada persoalan dalam hal kapasitas, kapabilitas, dan keberterimaan publik. Batu ujinya hanya ada pada parpol dalam memilih dan memajukan kandidat,” tuturnya.

Karim menekankan penting bagi parpol melihat duet ini sebagai upaya menghadirkan calon pemimpin nasional yang berkualitas sekaligus menggerek kepercayaan masyarakat terhadap parpol pengusung.

“Majunya orang seperti Anies dan RK, yang jelas punya kapasitas dan kapabilitas akan menambah kepercayaan publik terhadap parpol dan pemilu, sekaligus memunculkan harapan akan efikasi kemanjurannya,” tuturnya.

Karim mengatakan harapan perbaikan setelah pemilu akan terwujud bila bentuk yang mengikuti kontestasi memiliki kemampuan dan pengalaman mewujudkan menghadirkan birokrasi yang sehat dan bekerja.

“Dan sebaliknya, jika yang maju hanya mereka yang punya modal kepartaian, namun minim kemampuan dan pengalaman, apalagi jika mengandalkan silsilah dan golongan darah akan menjadi kabar buruk bagi masa depan demokrasi dan pembangunan,” tutur ia. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button