Headline

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Pendapat Pengamat

“Hal ini bisa dilihat dengan penunjukan Pangdam III/ Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto sebagai Wakasad dan Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad. Keduanya sama- sama pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres,” dempak Anton.

Namun begitu, lanjut ia, fenomena ‘president’s men’ menjabat pos strategis juga bukan perihal baru. “Memang riwayat penugasan pada pos yang bersinggungan langsung dengan presiden sudah sejak lama menjadi salah satu jalur promosi di tubuh militer,” tuturnya dilansir Antara.

Anton mencontohkan pada era Presiden Soeharto, Panglima ABRI sempat dijabat oleh mantan pengawal presiden, yakni Try Sutrisno dan Wiranto. Bahkan, Try Sutrisno kemudian tercatat menjabat posisi Wakil Presiden RI.

Selanjutnya, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada tahun 2008 pos jabatan Pangkostrad sempat diisi Erwin Sudjono dan Danjen Kopassus dipegang Pramono Edhi Wibowo. Keduanya adalah ipar SBY.

“Meski demikian, tentu saja riwayat kedekatan dengan presiden tidak dapat memberikan garansi penuh bahwa sosok tersebut dapat menduduki jabatan bintang empat,” tutur Anton.(mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button