Headline

Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat

INDOPOSCO.ID – Survei Indometer mengungkapkan bahwa tingkat elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus bersaing ketat memperebutkan posisi atas sebagai calon presiden hingga akhir 2021.

“Untuk sementara, Prabowo kembali unggul dengan elektabilitas 20,8 persen terpaut tipis dari Ganjar yang meraih 20,4 persen,” kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Leonard SB seperti dikutip Antara, Kamis (30/12/2021).

Sedangkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil sama-sama memperebutkan posisi ketiga. Setelah sempat turun, elektabilitas Anies kembali “rebound” atau memantul dan kini mencapai 10,5 persen.

Kemudian, Ridwan Kamil membayangi dengan perolehan elektabilitas sebesar 10,3 persen. Akan tetapi, tren elektabilitas Gubernur Jabar yang kerap disapa Kang Emil tersebut cenderung turun sepanjang 2021.

Menurut Leonard, jika terulang kembali muncul dua pasangan seperti Pemilu Presiden 2014 dan 2019, besar kemungkinan Prabowo dan Ganjar akan saling berhadapan dalam kontestasi Pilpres 2024. Hanya saja semuanya masih bergantung apakah tren elektabilitas keduanya tetap tinggi termasuk peta dukungan dari partai politik.

Setelah Anies Baswedan dan Ridwan Kamil, nama Sandiaga Uno menyusul dengan perolehan elektabilitas 7,0 persen. Posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia itu mirip dengan Ganjar. Keduanya memiliki elektabilitas tinggi, tetapi kurang mendapat dukungan dari partai sendiri.

“PDIP lebih mengunggulkan Puan Maharani, sedangkan Gerindra hampir bisa dipastikan akan kembali mengusung Prabowo,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button