Headline

Pengamat Sebut Mustahil Partai Setuju dengan Ambang Batas Nol Persen

Baca Juga : Isu PT 20 dan Nol Persen Pertarungan Merebut Kekuasaan

“Yang benar-benar dari rakyat itu jauh gitu, karena sudah di set up dengan kepemimpinan transaksional itu. Oligarki itu sungguh sangat sudah cakarnya sudah kemana-mana. Makanya ketika ada batas nol persen meskipun diotlak, sah-sah saja. Berari ada social socieity,” terangnya.

Adib menuturkan, ambang batas merupakan ruh demokrasi yang dari rakyat untuk rakyat. Sehingga, rakyat dapat menyodorkan calon pemimpin yang dikehendaki.

“Demokrasi harus dikembalikan kepada ruhnya, dari rakyat untuk rakyat. Karena kalau nggak nol persen, pemimpin itu sudah dipersiapkan oleh kepentingan-kepentingan politik. Karena yang bisa mengusulkan mereka partai politik,”  tuturnya.

Adib menyatakan, usulan ambang batas nol persen disodorkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebuah kemustahilan akan dikabulkan.

“Wajar juga kalau mengusulkan ke DPR berat, karena mereka yang sudah mengusulkan 20 persen itu. Tapi saya kira ada hal baik, inilah harusnya demokrasi terbuka. Kalau keingingan partai nol persen itu mustahil. Harusnya partai harus legowo, tapi mustahil,” jelasnya. (son)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button