Headline

Survei: Prabowo dan Ganjar Berebut Posisi Capres Terkuat

Survey yang dikerjakannya juga menampilkan sejumlah nama yang menaiki posisi papan tengah maupun bawah dan dapat dipikirkan untuk 2024.

Pada papan tengah, ada Tri Rismaharini dengan elektabilitas 5,0 persen, Erick Thohir 4,6 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 4,0 persen. Selain itu, ada pula Khofifah Indar Parawansa 2,7 persen dan Mengantarkan Ganesha 2,5 persen.

Pada papan bawah ada nama Puan Maharani 1,5 persen, Mahfud MD 1,1 persen dan Airlangga Hartarto 1,0 persen. Nama-nama lainnya masih di bawah satu persen, sedangkan lebihnya tidak tahu/tidak menanggapi sebanyak 10,16 persen.

“Meskipun berada di papan bawah, Puan dan Airlangga merepresentasikan 2 partai politik besar yaitu PDIP dan Golkar,” ucapnya.

Prabowo, ucapnya, digadang-gadang bakal berpasangan dengan Puan Maharani yang dibantu oleh poros PDIP dan Gerindra. Sementara, Ganjar memiliki peluang menuntun nama-nama seperti Airlangga Hartarto, Erick Thohir atau Ridwan Kamil.

“Hanya saja, Ganjar masih harus memastikan dukungan dari PDIP atau terpaksa maju dengan kendaraan parpol lain,” tutur dia.

Sementara itu, Anies Baswedan mungkin berpasangan dengan Sandiaga Uno atau Agus Harimurti Yudhoyono. Selain itu, arah dukungan dari Nasdem memungkinkan Anies membangun poros ketiga.

Survey Voxpopuli Research Center dilakukan pada 1 hingga 10 Desember 2021 terhadap 1.200 responden yang diseleksi secara acak bertingkat(multistage random sampling), yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survey sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button