Headline

Banyak Artis Terjerat Narkoba, Ini Pendapat Psikolog

INDOPOSCO.ID – Umumnya sebagian publik figur yang terjerat kasus penyalahgunaan narkotika mengaku beralasan karena masalah pekerjaan. Hal itu, bisa menjadi faktor penyebab tetapi bukan utama.

Menurut psikolog klinis dewasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Nirmala Ika, faktor utama seseorang mengkonsumsi narkoba tentu sangat beragam. Maka perlu pendalaman terkait masalah tersebut.

“Pekerjaan bisa jadi faktor penyebab, tapi bukan utama. Faktor utamanya bisa sangat beragam di masing-masing orang. Perlu digali lebih jauh, jadi nggak bisa diambil kesimpulan general saja,” kata Nirmala kepada INDOPOSCO, melalui gawai, Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Ia berpandangan, kasus penyalahgunaan narkotka itu telah menjadi gaya hidup. Hanya saja perlu dicari faktor utamanya seseorang bisa tersangkut barang haram tersebut.

“Iya, tapi sebelum menjadi gaya hidup biasanya ada faktor utamanya dulu sih,” tutur Nirmala.

Sebab, tanpa disadari oleh pemakai jika narkotika kerap kali digunakan untuk menghilangkan stres. Padahal hal tersebut tidak benarkan. Bisa juga faktor dari lingkungannya.

“Narkoba jadi cara dia merelease stress atau problem yang ada. Termasuk mungkin awalnya karena supaya diterima dalam lingkungan pergaulan dan sebagainya,” ujar Nirmala.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button