Headline

Menang Dramatis di GP Abu Dhabi, Verstappen Juara Dunia F1

INDOPOSCO.ID– Pebalap tim Red Bull Max Verstappen meraih gelar juara dunia pertamanya di Formula 1 setelah mengalahkan juara bertahan Lewis Hamilton di Grand Prix Abu Dhabi yang berlangsung dramatis pada Minggu.

Hamilton memiliki peluang besar memecahkan rekor juara dunia ke delapan dalam kariernya setelah memimpin hampir sepanjang lomba dan menjaga jaraknya 11 detik dari Verstappen sebelum safety cardiberlakukan di empat lap terakhir merusak impian sang pebalap Inggris.

Verstappen mencuri titel dari sang pebalap Mercedes dengan manuver menyalip di lap terakhir ketika balapan berjalan kembali normal.

Berita Terkait

Sebelumnya Verstappen dan Hamilton menuju Abu Dhabi dengan raihan poin yang sama setelah merampungkan 21 balapan.

“Ini gila. Orang-orang di tim saya, di Honda, saya sangat mencintai mereka. Pada akhirnya, sedikit keberuntungan untuk saya. Dan saya harus berterima kasih kepada Checo, dia membalap dengan hati hari ini,” kata Verstappen dikutip laman resmi F1.

Sang pebalap Red Bull mengamankan pole position, namun Hamilton melesat dengan baik setelah lampu merah padam demi mengambil alih pimpinan lomba dari Verstappen menuju tikungan pertama.

Hamilton mengambil sisi luar menuju tikungan 6 dan Verstappen berupaya memanfaatkan celah itu untuk menyalip namun kedua pebalap nyaris bersenggolan. Hamilton harus menghindar ke area runoff dan berhak mempertahankan posisinya.

Race director Michael Masi memutuskan tidak ada tindakan lanjut setelah investigasi dan menyebut Verstappen memaksa Hamilton keluar trek dengan manuver menyalipnya dari sisi dalam.

Verstappen mengeluh kesulitan mengendalikan bagian belakang mobilnya dan pada lap ke-14 melakukan pitstopuntuk berganti dari ban soft ke hard. Mercedes memanggil Hamilton ke pit satu lap berselang untuk ban hard juga.

Sergio Perez turut membantu Verstappen memangkas jarak dari Hamilton ketika sang pebalap Meksiko menahan gempuran mobil Mercedes bernomor 44 yang ingin mengambil alih pimpinan lomba.

Berkat manuver defensif rekan satu timnya itu, Verstappen kembali menempel Hamilton dengan jarak kurang dari dua detik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button