Headline

Keren, Tim Pelajar Indonesia Sabet Lima Medali di Olimpiade Astronomi dan Astrofisika

Olimpiade itu diikuti oleh 298 pelajar dari 48 negara. Indonesia mengirimkan tim yang terdiri atas lima pelajar, dua pemimpin tim, dan dua pengawas untuk mengikuti IOAA 2021.

Peserta IOAA 2021 dari Indonesia merupakan peraih medali dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang astronomi tahun 2020 yang lolos seleksi dan tiga tahapan pembinaan via daring.

Peserta olimpiade itu mengikuti lima ronde kompetisi, mulai dari ronde analisis data, observasi matahari, teori, kompetisi tim, sampai observasi planetarium.

“Siswa kita memiliki daya juang yang cukup tinggi, hal itu dibuktikan dengan kemampuan siswa yang dapat menjawab soal-soal yang diberikan. Siswa tidak hanya diuji kecerdasan namun juga ketangguhan dan daya tahan tubuh,” kata Ketua Tim Indonesia, Hakim L Malasan dilansir Antara.

Anggota tim IOAA Indonesia, Muhammad Sultan Hafiz, mengatakan bahwa perbedaan waktu menjadi tantangan tersendiri selama mengikuti olimpiade.

“Dari jam 17.00 sore sampai malam hari (ikut olimpiade, red) karena adanya perbedaan waktu,” kata Hafiz, yang bersyukur bisa meraih medali perunggu di ajang itu, Senin (22/11/2021). (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button