Headline

Ini Empat Isu yang Butuh Perhatian Panglima TNI dan Kasad Baru

INDOPOSCO.ID – Pengamat militer dari Universitas Paramadina, Anton Aliabbas, mengatakan, ada 4 isu menekan yang memerlukan perhatian Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Kedua jenderal itu (abituren Akademi Militer 1987 dan 1988) baru dilantik di jabatan baru mereka masing-masing oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

Menurut Aliabbas, bila melihat dari survey terkini yang dilakukan salah satu media massa, ada 4 isu menekan yang membutuhkan perhatian, yaitu ketertiban, kesejahteraan, pendidikan dan keterampilan.

Baca Juga : Ucapkan Selamat ke Andika Perkasa, Kapolri: Semoga Sinergitas TNI-Polri Semakin Kuat

“Perbaikan dan penataan di empat isu ini secara pararel menjadi krusial mengingat TNI AD hingga kini memiliki satuan kewilayahan yang memungkinkan ada gesekan langsung dengan masyarakat,” kata Aliabbas seperti dikutip Antara, Rabu(17/11/2021)

Menurut ia, karena masih terjadi sejumlah kejadian yang terkait pelanggaran hukum dan disiplin, maka publik tentu menanti inovasi menyeluruh yang akan dilakukan Abdurachman.

Perbaikan itu bukan hanya sekadar melakukan penindakan terhadap pelanggar, namun juga mencakup pada rekrutmen, pendidikan, karir dan kesejahteraan. Sebagai kepala staf TNI AD, tugas pokoknya adalah menjaga dan membina kemampuan serta kekuatan tempur satuan- satuan di jajarannya, untuk kemudian dipergunakan oleh panglima TNI.

Baca Juga : Presiden Lantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Dalam survey itu, mayoritas publik sudah yakin TNI telah membuktikan kemampuan yang baik dalam menuntaskan tantangan di sektor pertahanan dan keamanan. Namun, publik menerangi berartinya TNI konsisten membangun kualitas SDM- nya.

“Guna menjaga kontinuitas, tentunya kami berharap, baik Andika Perkasa maupun Dudung Abdurrachman dapat saling bekerja sama dalam membangun SDM TNI AD yang lebih profesional. Program ini merupakan bentuk dukungan dan implementasi konkret visi sentral pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yakni membangun SDM,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button