Headline

Ini Plus Minus Dampak La Nina Untuk Sektor Pertanian dan Perikanan

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan terkait adanya La Nina kepada masyarakat. Mengingat, fenomena alam ini akan berdampak pada sektor pertanian dan perikanan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, La Nina berdampak langsung pada sektor pertanian dan perikanan. Di sektor pertanian, La Nina menyebabkan kondisi yang kurang menguntungkan misalnya kerusakan tanaman dan lahan akibat banjir yang muncul dari curah hujan tinggi, meningkatnya kelembapan udara, dan munculnya organisme pengganggu tanaman (OPT).

“Pasca panen, curah hujan yang tinggi akan mengurangi kualitas hasil panen karena kadar air yang meningkat,” paparnya saat menjadi pembicara di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dikutip, Minggu (31/10/2021)

Sementara itu di sektor perikanan, La Nina menyebabkan para nelayan harus lebih waspada saat melaut. Kondisi ini mengakibatkan pasokan ikan dapat berkurang.

“Keselamatan nelayan menjadi prioritas utama melalui pemanfaatan informasi cuaca maritim yang terupdate,” tambahnya.

Sejauh ini, BMKG telah membuat Sekolah Lapang Iklim (SLI) dan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) untuk mengurangi risiko dampak La Nina. Terlebih, La Nina memiliki dampak positif bagi petani dan pekerja sektor kelautan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button