Headline

Fugaku, Komputer Tercepat yang Bisa Tandingi Otak Manusia

INDOPOSCO.ID – Komputer tercepat yang bisa menandingi otak manusia saat ini adalah Fugaku dari Jepang yang punya 7,6 juta inti serta kecepatan pemrosesan data 442 peta flops dan 87 miliar transistor.

Hal ini diungkapkan oleh Rudy Breighton, dari Intercontinental Technology and Strategic Architect Boston Amerika Serikat pada Jakarta Geopolitical Forum V secara daring, Kamis, (21/10).

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan pesat berdampak kepada perkembangan budaya secara global. Breighton menuturkan bahwa kecepatan pemrosesan pada kecerdasan buatan lebih baik dari otak manusia.

Di sisi lain, pernyataan yang menyebutkan bahwa kemampuan kecerdasan buatan dapat sepenuhnya menggantikan otak manusia masih menjadi perdebatan karena GIGO atau garbage in garbage out.‚Äč

Baca Juga : Mafia Judi Online Manfaatkan Domain go.id Agar Tidak Diblokir

Breighton menyatakan bahwa saat ini sudah terdapat human exoskeleton yang digunakan oleh militer Amerika Serikat. Breighton menjelaskan bahwa seorang prajurit diperkirakan dapat membawa 22 kg beban.

Namun pada kenyataannya, mereka membawa sekitar 63 kg beban. Sementara itu, human exoskeleton yang disebut juga dengan HULC (Human Unversal Load Carrier) dapat mengangkat beban hingga 90 kg, membantu prajurit untuk berlari dengan kecepatan 11 km/jam hingga 16 km/jam dengan durasi lama.

Dapatkah kecerdasan buatan dapat bekerja dengan efisien dibandingkan dengan otak manusia?

Breighton menyebutkan bahwa sebuah hal yang tidak mustahil bagi kecerdasan buatan untuk bekerja dengan seefisien otak manusia walaupun tidak dapat bekerja secepat otak manusia. Kecerdasan buatan memiliki kecepatan pemrosesan yang sepuluh kali lebih cepat dari otak manusia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button