Headline

KPPAA Protes Vonis Bebas Pemerkosa Anak

INDOPOSCO.ID – Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak Aceh (KPPAA) Firdaus Nyak Idin menilai vonis bebas terdakwa pemerkosa anak oleh Mahkamah Syar’iyah (MS) Aceh merupakan kebijakan yang tidak adil dan terkesan mengabaikan hasil visum.

“Benar-benar keputusan yang tidak adil, alih-alih berpihak pada anak, hasil visum pun terkesan diabaikan,” ujar Firdaus Nyak Idin, di Banda Aceh, Sabtu.

Sebelumnya, Mahkamah Syariyah Aceh memvonis bebas tersangka pemerkosa anak di Aceh Besar berinisial SUR (45), tersangka merupakan ayah kandung dari korban.

Tetapan bebas tersebut dibacakan hakim dalam konferensi banding yang berjalan di Mahkamah Syar’ iyah Aceh, Selasa (28/9).

Firdaus mengantarkan sejauh ini keluarga korban sudah membuat informasi pada Komisi I DPR Aceh perihal tetapan bebas tersebut dan KPPAA mensupport tahap itu supaya impian perbaikan qanun semakin terbuka.

“Bahkan dalam putusan ini, terkesan malah ibu kandung korban yang dianggap melaporkan kasus karena benci dan dendam,” ujarnya.

Firdaus berkata tetapan tersebut menguatkan anggapan terdapatnya masalah sistemik dalam penerapan qanun jinayat kepada pelaku kekerasan seksual anak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button