Headline

Berkas Empat Tersangka Korupsi Tanah di Munjul Selesai

Anja bersama Tommy menemui Kongregasi Suster-Suster Cinta Kasih Carolus Boromeus dan menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) tanah Pondok Ranggon seluas 41.921 m2 dengan harga Rp2,5 juta/m2 dan saat itu juga langsung disetujui Rudy dengan membayarkan uang muka pertama sebesar Rp5 miliyar kepada Kongregasi Suster-Suster Cinta Kasih Carolus Boromeus.

Selanjutnya, Yoory menginstruksikan stafnya untuk mempersiapkan pembayaran 50 persen pembelian tanah Munjul sebesar Rp108,99 miliyar, sementara itu belum dilakukan negosiasi harga antara Yoory dengan Anja yang mengaku sebagai pemilik tanah.

Penandatanganan PPJB dilakukan di Kantor Sarana Jaya antara Yoory dengan Anja dan di hari yang sama, Sarana Jaya mengirim 50 persen pembayaran pembelian ke rekening Anja sebesar Rp108,99 miliyar.

Selanjutnya, dengan memakai rekening perusahaan PT Adonara Propertindo, Rudy dan Anja kembali membenarkan dan menginstruksikan Tommy mengirimkan dana sebesar Rp5 miliyar sebagai uang muka tahap II kepada Kongregasi Suster- Suster Cinta Kasih Carolus Boromeus.

Setelah ditandatangani PPJB dan dilakukan pembayaran sebesar Rp108,9 miliyar, Sarana Jaya baru melakukan kajian usulan pembelian tanah di Munjul di mana lebih dari 70 persen tanah tersebut masih berada di zona hijau untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang tidak bisa dipakai untuk proyek kediaman atau apartemen.

Walaupun lahan tersebut tidak bisa diganti zonasinya ke zona kuning, pihak Sarana Jaya tetap melakukan pembayaran sebesar Rp43,59 miliyar kepada Anja di rekening Bank DKI atas nama Anja sehingga total yang telah dibayarkan sebesar Rp152,5 miliyar.

Atas pembayaran oleh Sarana Jaya tersebut, Rudy meminta Anja dan Tommy untuk mengalirkan dana yang di antaranya dipakai untuk pembayaran BPHTB Pengadaan Tanah Pulogebang pada Sarana Jaya. Kemudian, dimasukkan ke rekening perusahaan lain milik tersangka Rudy dan penggunaan untuk beberapa kebutuhan pribadi Rudy dan Anja.

Atas aksi para tersangka tersebut, diduga telah menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp152,5 miliyar. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button