Headline

IGJ: Jangan Tergesa-gesa Tetapkan Status Jadi Endemi

Sebagaimana diwartakan, Presiden Joko Widodo meminta seluruh pihak mulai menyiapkan transisi dari masa pandemi ke endemi karena Covid-19 belum diketahui kapan akan hilang.

“Karena kita tahu Covid-19 ini tidak mungkin akan hilang. Oleh sebab itu kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi,” kata Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta yang dipantau dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat (10/9).

Presiden mengatakan seluruh pihak perlu mulai belajar hidup bersama dengan Covid-19. Hal tersebut penting agar masyarakat tidak memiliki euforia yang berlebihan dan tetap waspada terhadap bahaya Covid-19 yang setiap saat bisa menyerang.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito optimistis Indonesia akan mampu mengubah kondisi pandemi/ wabah di mana-mana menjadi endemi atau penyakit yang muncul di suatu daerah/ wilayah seiring terkendalinya kasus Covid-19 nasional.

“Ingat, untuk mengubah kondisi pandemi menjadi endemi membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun bukan tidak mungkin jika Indonesia sebagai bangsa besar mampu mempertahankan kondisi yang cukup terkendali,” ujar Wiku dalam konferensi pers yang dipantau via daring di Jakarta, Selasa (7/9).

Ia mengatakan, dengan modal perkembangan kasus Covid-19 di dalam negeri yang semakin membaik, maka target besar Indonesia adalah mempertahankan kondisi kasus yang cukup terkendali. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button