Headline

Ketua DPR Dukung Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Global

INDOPOSCO.ID – Ketua DPR Puan Maharani mendukung langkah pemerintah RI dalam melobi WHO untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi vaksin global.

“Langkah ini harus kita dukung demi pemerataan vaksin secara global dan juga transfer pengetahuan dan teknologi yang akan kita dapatkan,” kata Puan Maharani seperti dikutip Antara, Minggu (19/9/2021).

Dikatakan, Indonesia akan mendapat banyak manfaat dengan menjadi pusat vaksin global, termasuk transfer pengetahuan dan teknologi dari produsen vaksin besar. Ia berpendapat bahwa transfer teknologi akan membantu negara berkembang memproduksi vaksin sendiri, sebagai salah satu upaya percepatan produksi vaksin global.

Melalui transfer teknologi dari perusahaan pengembang vaksin, lanjutnya, Indonesia bisa bertumbuh menjadi negara produsen vaksin dan membantu mewujudkan kemandirian vaksin. “Kita harus berdikari dalam vaksin. Ketika cita-cita ini telah tercapai, dampaknya untuk perekonomian nasional juga akan terasa,” kata Ketua DPR RI.

Pusat vaksin global di Indonesia, ujar dia, nantinya bisa terus mendorong anak bangsa untuk melakukan riset vaksin, seperti yang telah dilakukan terhadap Vaksin Merah Putih yang akan diproduksi massal tahun 2022.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pabrik vaksin milik PT Etana Biotechnologies Indonesia di Pulogadung, Jakarta Timur, akan mengembangkan vaksin Covid-19 mRNA, dengan teknologi, yang sama dengan Pfizer.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button