Headline

Varian Mu Bisa Turunkan Efikasi Vaksin Covid-19

Variant of interest juga diidentifikasi sebagai penyebab penularan komunitas yang signifikan atau beberapa klaster Covid-19, di banyak negara dengan prevalensi relatif yang meningkat bersamaan dengan peningkatan jumlah kasus dari waktu ke waktu, atau dampak epidemiologis nyata lainnya yang menunjukkan risiko yang muncul terhadap kesehatan masyarakat global.

Saat ini varian yang masuk daftar VoI adalah varian Eta, Iota, Kappa, Lambda dan Mu. Untuk mencegah masuknya varian Mu ke Indonesia, maka pemerintah tak mengizinkan pendatang dari Kolombia atau negara-negara yang memiliki kasus temuan varian Mu masuk.

Pemerintah harus terus melakukan surveilans pengurutan genom virus atau whole genom sequencing untuk melacak keberadaan virus tersebut di tengah masyarakat. Jika nantinya dibuka untuk wisatawan masuk ke dalam negeri, maka harus dilakukan karantina maksimal yakni lebih dari 10 hari untuk memastikan dalam masa inkubasi virus, benar-benar tidak ada gejala Covid-19 yang muncul.

Jika gejala Covid-19 muncul, maka bisa segera dilakukan intervensi penanganan sebelum menular pada orang lain. “Kalau kurang (masa karantina) nanti kita kemasukan varian baru atau bahkan kemasukan varian-varian yang ada di dunia, kita akan jadi negara dengan varian terlengkap,” ujar Yunis. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button