Headline

Varian Mu Bisa Turunkan Efikasi Vaksin Covid-19

INDOPOSCO.ID – Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengungkapkan varian Mu akan menurunkan efikasi vaksin Covid-19 karena dapat beradaptasi dengan perlindungan antibodi yang diciptakan dari vaksinasi.

“Varian Mu punya protein yang mampu beradaptasi terhadap antibodi, jadi menurut saya akibat adaptasi tersebut dia bisa lebih tahan sedikit, jadi semua vaksin akan menurun efikasinya, sama dengan variant of interest lain,” kata Yunis seperti dikutip Antara, Kamis (9/9/2021).

Dituturkan tingkat penularan dan keparahan Covid 19 varian Mu sama dengan varian Alpha namun tidak menandingi varian Delta. “Penularannya sama dengan Alpha, menurunkan efektivitasnya sama dengan Alpha, dan masuk pada variant of interest,” tuturnya.

Badan Kesehatan Dunia mengklasifikasikan varian virus SARS-CoV-2 ini sebagai variant of interest (VoI) dengan kriteria yakni varian tersebut memiliki perubahan genetik yang diperkirakan mempengaruhi karakteristik virus seperti penularan, keparahan penyakit, pelepasan kekebalan, pelepasan diagnostik atau terapeutik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button