Headline

KPK Pastikan Penanganan Kasus Mantan Bupati Kutai Kartanegara Masih Tetap Berjalan

Terkait TPPU, Rita dan Khairudin diduga telah menerima “fee proyek”, “fee perizinan”, dan “fee pengadaan lelang barang dan jasa APBD” selama menjabat Rita menjabat sebagai Bupati. Diduga Rita dan Khairudin menguasai hasil tindak pidana korupsi dengan nilai sebesar Rp436 miliar. Keduanya diduga telah membelanjakan penerimaan gratifikasi tersebut ke dalam bentuk kendaraan yang diatasnamakan orang lain, tanah, dan uang.

Khairudin merupakan mantan Anggota DPRD Kutai Kartanegara sekaligus salah satu anggota tim pemenangan Rita yang dikenal sebagai Tim 11. Rita saat ini sudah dieksekusi ke Lapas Perempuan Pondok Bambu setelah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 6 Juli 2018. Rita terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp110,7 miliar dan suap Rp6 miliar dari para pemohon izin dan rekanan proyek.

Nama Rita juga disebut dalam dakwaan mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. Berdasarkan ringkasan dakwaan dari laman http://sipp.pn-jakartapusat.go.id, Robin disebut menerima Rp 5.197.800.000 dari Rita terkait penanganan kasus/perkara di KPK. Adapun sidang perdana Robin dijadwalkan digelar pada 13 September 2021 di Pengadilan Tipikor Jakarta. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button