Headline

Demi Pole Position GP Belanda, Verstappen Klaim Tekuk Hamilton

INDOPOSCO.ID – Pebalap tuan rumah Max Verstappen mengklaim pole position Grand Prix Belanda setelah unggul tipis dari Lewis Hamilton di babak kualifikasi yang disaksikan puluhan ribu Orange Army yang memadati Sirkuit Zandvoort pada Sabtu.

Verstappen mencatatkan waktu 1:08,885 detik demi posisi start terdepan balapan seri ke-13 dalam kalender, dan Grand Prix pertama yang digelar di Negara Kincir Angin sejak 1985. Flying lap terakhir Lewis Hamilton membawa sang pebalap Mercedes ke P2 dengan margin 0,038 detik untuk satu tempat di baris terdepan di samping sang rival dari tim Red Bull.

Valtteri Bottas membawa mobil Mercedes kedua ke P6 dan Pierre Gasly melengkapi baris kedua untuk tim AlphaTauri, demikian laman resmi Formula 1. “Terasa luar biasa meraih pole position di sini,” kata Verstappen.

“Penontonnya luar biasa, mobil ini sangat baik dikendarai dan trek ini juga, sangat keren. Ini posisi start terbaik, karena menyalip akan sulit.”

Setelah melewatkan pole position dengan margin sangat tipis, Hamilton memuji penampilan Verstappen dan trek Zandvoort. “Max melakukan lap yang luar biasa,” ujar Hamilton yang sempat mengalami kerusakan mesin di FP2 dilansir Antara.

“Kemarin membuat sulit tapi saya mengerahkan segalanya… Kami belum pernah melihat penonton seperti ini untuk beberapa waktu. Saya harap trek ini menampilkan balapan yang baik, ini sirkuit yang sangat sulit.”

Duet Ferrari menghuni baris ketiga ketika Charles Leclerc mengungguli Carlos Sainz, sementara Antonio Giovinazzi membawa Alfa Romeo ke P7 setelah mengalahkan duet tim Alpine Esteban Ocon dan Fernando Alonso.

Pebalap McLaren Daniel Ricciardo melengkapi posisi sepuluh besar di saat rekan satu timnya, Lando Norris, gagal melaju ke Q3 dan bakal start dari P13.

Tim Red Bull mendapat pukulan dalam perebutan titel konstruktor ketika Sergio Perez gagal lolos ke Q2 setelah catatan waktunya tak cukup membuatnya bertahan di peringkat 15 besar.

Demikian pula Sebastian Vettel yang terhenti di Q1 karena terhalang dua mobil Haas yang dikendarai Mick Schumacher dan Nikita Mazepin ketika sang pebalap Aston Martin berupaya memperbaiki lapnya di pengujung sesi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button