Headline

Taliban Ketuk Pintu Rumah Warga supaya Kembali Bekerja

INDOPOSCO.ID – Kamis (19/8), anggota-anggota Taliban yang bersenjata mengetuki pintu di kota-kota di seluruh Afghanistan pada Rabu (18/8) untuk meminta masyarakat Afghanistan yang ketakutan untuk kembali bekerja, menurut saksi mata.

Taliban mau menghidupkan kembali ekonomi negara yang hancur.

Kehancuran yang meluas selama perang 20 tahun antara pasukan pemerintah yang dibantu Amerika Serikat serta Taliban, nilai mata uang yang jatuh, dan kurangnya persediaan dolar merupakan pemicu krisis ekonomi di negara itu.

Dalam konferensi pers pertama Taliban sejak kelompok itu merebut Ibu Kota Kabul, Taliban pada Selasa (17/8) menjanjikan perdamaian, kemakmuran, serta tampaknya akan meninggalkan aturan sebelumnya yang melarang perempuan bekerja. Tetapi banyak orang tetap waspada.

Wasima, 38 tahun, menyatakan ia terkejut pada saat 3 anggota Taliban yang sambil memegang senjata mendatangi rumahnya di kota barat, Herat, pada Rabu (18/8) pagi.

Taliban menanyai Wasima mengenai profesi dari gaji yang diterimanya dari sebuah organisasi bantuan, juga menyuruhnya untuk kembali bekerja, tutur dia.

Sebanyak 12 orang menyatakan pada Reuters kalau ada kunjungan mendadak dari Taliban dalam 24 jam terakhir, mulai dari Ibu Kota Kabul sampai ke Lashkar Gah di selatan serta Mazar-i-Sharif di utara.

Mereka tidak ingin memberikan nama lengkap mereka, karena takut akan pembalasan.

Tidak hanya mendorong orang untuk bekerja, beberapa orang menjelaskan kalau mereka juga merasa kalau pemeriksaan itu dirancang untuk mengintimidasi serta menanamkan rasa takut pada kepemimpinan baru.

Seorang juru bicara Taliban belum menanggapi permintaan komentar soal kunjungan itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button