Headline

Ada Pertentangan Ideologi dalam Pembahas RUU PKS

Selain itu menurut dia, Panja juga akan melakukan sinkronisasi terhadap UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik( ITE), dan UU nomor 44 tahun 2008 tentang Pornografi karena saat ini meningkat kasus kekerasan seksual di era digital.

“Kami sedang membangun benang merah, namun sayangnya RUU Perlindungan Data Pribadi( PDP) belum disahkan padahal ada 8 jenis kekerasan seksual di era digital, antara lain peretasan, ancaman distribusi foto/ video pribadi, rekrutmen daring, dan pelanggaran privasi,” paparnya.

Willy mengatakan, RUU PKS akan mengatur bagaimana aparat penegak hukum memiliki perspektif korban dalam menangani kasus kekerasan seksual karena selama ini masih menggunakan cara pandang pelaku.

Berita Terkait

Menurut dia selama ini para korban kekerasan seksual mendapat stigma sehingga APH harus diberikan edukasi dan literasi sehingga dapat menangani kasus kekerasan seksual menggunakan perspektif korban. “RUU PKS ini juga harus memberikan perlindungan terhadap korban kekerasan seksual,” ujarnya menegaskan. (mg3/wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button