Headline

KNKT Selidiki Dugaan Adanya “Penumpang Gelap” di KMP Yunicee yang Tenggelam

INDOPOSCO.ID – Tim Keselamatan Pelayaran pada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) muia melakukan investigasi terhadap kasus tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali beberapa hari lalu. Fokus investigas, khusus diarahkan terkait adanya informasi penumpang yang tidak masuk manifes atau dokumen jasa angkutan pelayaran alias penumpang gelap.

“Kami sedang mencari tahu (penumpang tidak masuk manifes) kenapa bisa terjadi seperti itu? Karena ini berhubungan dengan keselamatan seluruh penumpang dan ABK. Jadi penumpang ini harus jadi prioritas, karena ini kapal penyeberangan,” kata Ketua Tim Investigator Keselamatan Pelayaran pada KNKT Bambang Irawan seperti dikutip Antara, Kamis (1/7/2021).

Dijelaskan, kedatangan KNKT ke Posko Tanggap Darurat KMP Yunicee di Pelabuhan Ketapang, dalam rangka mengumpulkan data-data terkait penyebab tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali. Tugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), mengumpulkan berbagai data kecelakaan laut yang menimpa KMP Yunicee, sesuai amanah Undang Undang Nomor 17 Tahun 2018 Pasal 256/257.

“Pada intinya KNKT mengumpulkan berbagai data, baik dari perusahaan pelayaran, ABK, termasuk kondisi cuaca saat itu, dan prosedur pemuatannya serta data lainnya,” kata Bambang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button