Headline

Jelang HANI 2021, BNN Berjibaku Musnahkan 20 Ribu Pohon Ganja

INDOPOSCO.ID – Menjelang peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada 26 Juni 2021, Badan Narkotika Nasional (BNN) gencar melakukan pemberantasan peredaran gelap narkoba mulai dari hulu sampai hilir. Di hulu, salah satunya pemusnahan ladang ganja. Di samping itu, BNN juga terus meningkatkan strategi hard power approach, yaitu pemberantasan jaringan sindikat narkoba di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada Rabu (16/6/2021), BNN melakukan pemusnahan ladang ganja di kaki Gunung Seulawah Agam, Aceh Besar, Aceh. Sebanyak dua titik ladang ganja, berhasil ditemukan di kawasan Aceh Besar, Desa Pulo, Kecamatan Seulimeum.

Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus R. Golose mengatakan, Tim Penyelidikan Direktorat Narkotika Deputi Pemberantasan BNN RI berhasil temukan dua hektare (ha) ladang ganja. Di ladang itu terdapat tanaman sekitar 20.000 pohon dengan berat tanaman basah sekitar 15 ton.

”Ladang ini berada di ketinggian 424 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan luas satu ha, dan pada ketinggian 835 mdpl dengan luas yang sama sekiar satu ha,” ujarnya kepada awak media.

Kepala Bnn Ri Komjen Pol Petrus R. Golose Mencabut Pohon Ganja. Foto : Indoposco.id/Aro
Kepala Bnn Ri Komjen Pol Petrus R. Golose Mencabut Pohon Ganja. Foto : Indoposco.id/Aro

Pada TKP (Tempat Kejadian Perkara) Pertama, jumlah tanaman yang berhasil ditemukan sebanyak 10.000 pohon. Ketinggian tanaman berkisar 30 sampai dengan 200 cm dengan berat total sekitar lima ton.

“Sementara TKP 2, jumlah tanaman yang ditemukan sebanyak 10.000 pohon. Ketinggian tanaman mencapai 200 hingga 300 cm dengan berat total sekitar 10 ton,” katanya.

Atas penemuan tersebut, lanjut Petrus, sesuai dengan peraturan undang-undangan yang berlaku di Indonesia, Tim Gabungan BNN langsung melakukan pemusnahan ladang ganja di TKP.

Untuk memperlancar operasi pemusnahan tersebut, sebanyak 202 personel gabungan diterjunkan ke lapangan. Ini terdiri dari Tim BNN RI, BNNP Aceh, Polda Aceh, Polres Aceh Besar, Kodim 0101/BS, Satpol PP, Pemkab Aceh Besar, Propam Polri serta Bea dan Cukai.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button