Headline

Preview Euro 2021, Rusia Kontra Belgia Dinihari Nanti

Belgia vs Rusia sebelumnya

Sekalipun tak diperkuat trio pemain pentingnya, Belgia tetap Belgia yang kaya pemain berbakat. Satu hal lagi yang menguatkan keyakinan mereka bisa memetik tiga poin adalah pernah mengalahkan Rusia di tempat yang sama dua tahun lalu.

Rusia tahu pasti Belgia tetaplah kekuatan mengerikan meskipun tanpa Hazard, De Bruyne dan Witsel.

Oleh karena itu Rusia akan melakukan pendekatan yang hati-hati guna menghindari terulangnya kekalahan besar yang kerap mereka alami sewaktu melawan Belgia. Setelah menang 1-0 dalam laga persahabatan melawan Bulgaria, pelatih timnas Rusia Stanislav Cherchesov menjanjikan tim yang lebih tajam sejak kickoff dan lebih cerdik dalam melancarkan serangan balik di St Petersburg.

November 2019, Rusia nyaris berhasil memetik hasil dari taktiknya memenuhi lapangan tengah yang sempat membuat Belgia kesulitan bermanuver. Tetapi saat itu Belgia memiliki de Bruyne yang kreatif memecah barikade Rusia di lapangan tengah.

Rusia juga disulitkan oleh pergerakan cepat dua pemain Belgia yang memiliki kemampuan sprint dalam menyambut dan meneruskan bola dari tengah. Kedua pemain itu, Dries Mertens dan Romelu Lakuka, kini bugar diturunkan dalam laga pertama Grup B. Tetapi mereka kehilangan pemasok bola andal pada diri de Bruyne. Dan ini bisa menjadi insentif bagi Rusia.

Persoalan yang mungkin tak akan diulang Rusia adalah tidak lagi sering menumpuk pemain di tengah karena pengalaman November 2019 mengajarkan bahwa formasi itu malah membuat Rusia kesulitan meladeni ancaman permainan melebar Belgia.

Belgia mungkin tak bisa lagi membuat pertukaran posisi sempurna antara Eden Hazard dan Mertens yang pada November 2019 kerap mematikan bek Georgiy Dzikiya. Kombinasi Eden dan Mertens ini menciptakan gol kedua Belgia. Kini Eden kemungkinan tak bermain, dan ini bisa menguntungkan Rusia.

Ketiadaan Witsel dan de Bruyne bisa saja tak mengurangi ketangguhan Belgia. Rusia pernah kesulitan mengirim umpan-umpan panjang karena selalu dijegal oleh kedua pemain Belgia itu. Dan kini kedua pemain bakal absen sehingga bisa menjadi faktor menguntungkan bagi Rusia.

Dalam pertemuan Minggu dini hari nanti itu Rusia bisa lebih bisa menciptakan peluang dan bisa lebih sering menguji Thibaut Courtois yang dalam laga November 2019 jarang sekali diganggu pemain-pemain Rusia seperti dikutip Antara.

Dari prediksi lineup UEFA itu, Rusia cenderung mempertahankan formasi sama tapi dengan tujuan berbeda yang memanfaatkan ketidakhadiran de Bruyne dan Witsel, serta mungkin Hazard. Tetapi Belgia masih memiliki Leander Dendoncker dan Tielemans. Rusia bisa saja tetap sulit melepaskan tekanan seperti dua tahun lalu dan sebaliknya tak bisa mengancam Belgia.

Statistik singkat kedua tim

Belgia menang dalam 10 pertandingan Piala Eropa terakhirnya dengan mencetak paling sedikit dua gol.

Rusia mencatat clean sheet dalam 7 dari 9 pertandingan Piala Eropa terakhirnya dan memenangkan 8 dari 9 laga terakhir Piala Eropa terakhirnya

Belgia mencetak paling sedikit tiga gol dalam tiga pertandingannya melawan Rusia dalam berbagai kompetisi.

Belgia mencetak rata-rata di atas 2,5 gol dalam 7 dari delapan pertandingan Euro terakhirnya.

Belgia memenangkan 5 dari 6 pertemuan terakhirnya dengan Rusia dalam semua kompetisi. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button