Headline

Pemudik yang Pulang Wajib Karantina Mandiri 5×24 Jam

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito berharap momentum lebaran Idulftri 1442 H dan adanya libur panjang tidak menimbulkan lonjakan kasus. Pasalnya, setiap adanya momentum libur panjang, dampak yang ditimbulkan baru terlihat pada 2 – 3 minggu setelahnya.

“Dan data perkembangan saat ini, belum menunjukkan dampak dari adanya libur dan kegiatan mudik lebaran,” ujar Wiku dalam Keterangan Persnya, Rabu (19/5/2021).

Untuk itu, Wiku meminta semua pihak tidak terlena meskipun perkembangan minggu lalu pada kasus positif dan kematian menunjukkan penurunanan.

Kendati demikian, bagi masyarakat yang baru saja kembali dari bepergian diingatkan agar melakukan karantina mandiri selama 5 x 24 jam sebagai bentuk tanggungjawab terhadap orang-orang di sekitarnya.

“Terutama bagi kantor-kantor yang pegawainya melakukan perjalanan antar batas daerah selama lebaran dan libur Idulfitri. Agar mewajibkan pegawainya melakukan karantina mandiri sebelum kembali ke kantor,” jelasnya.

“Untuk efektifitasnya, seluruh posko desa dan kelurahan diminta memantau masyarakat yang melakukan perjalanan agar melaksanakan karantina mandiri selama 5 x 24 jam. Hal ini perlu menjadi perhatian agar masyarakat dan penanganan di wilayahnya masing-masing berjalan optimal,” sambungnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button