Headline

75 Pegawai KPK Dipecat, ICW: Pelemahan Makin Nyata

INDOPOSCO.ID – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana berpendapat Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang diduga akan membuat sejumlah pegawai dipecat merupakan upaya pelemahan terhadap KPK.

Sejak revisi Undang-Undang (UU) KPK hanya sekadar isu, pihaknya telah khawatir terhadap aturan organisasi antirasuah yang justru akan melemahkannya dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Akhirnya kekhawatiran masyarakat atas kebijakan Presiden Joko Widodo dan DPR yang memilih merevisi UU KPK serta mengangkat komisioner penuh kontroversi terbukti,” kata Kurnia Ramadhana di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Kurnia menambahkan soal pegawai KPK yang akan dipecat karena tidak lulus tes, seolah-olah telah dirancang sejak awal untuk melemahkan KPK. Karena sinyal untuk melemahkan KPK telah terlihat secara jelas dan runtut, mulai dari merusak lembaga antirasuah dengan UU KPK baru, ditambah dengan kontroversi kepemimpinan Firli Bahuri.

“Dan kali ini pegawai-pegawai yang dikenal berintegritas disingkirkan,” terangnya.

Ia menilai, kondisi KPK saat ini memang tak bisa lepas dari peran Jokowi bersama dengan anggota DPR. Sebab keduanya yang akhirnya menyepakati merevisi UU KPK dan memasukkan aturan kontroversi. Salah satunya aturan terkait alih status kepegawaian menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sementara itu, Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menilai, pemecatan puluhan pegawai KPK itu karena ada indikasi sumber daya manusia (SDM) di lembaga antirasuah saat ini sedang dihabisi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button