Headline

Lebaran Momentum Pulihkan Ekonomi

Penjualan makanan dan minuman normalnya bisa meningkat sekitar 30 persen pada saat Ramadhan dan Lebaran. Beberapa kategori pangan untuk berbuka puasa maupun momen hari raya bahkan meningkat sampai 100 persen.

“Tahun lalu tidak ada kenaikan bahkan turun. Kami harap ini jangan sampai terjadi di 2021 ini, karena kalau dua tahun terus begini cukup berat,” kata Ketua Umum Gapmmi Adhi S Lukman dalam dialog virtual “Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan dan Lebaran”, Senin (12/4/2021).

Adhi menuturkan saat ini tanda-tanda pemulihan mulai terlihat. Hal itu ditunjukkan dari Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia yang pada Maret 2021 mencatat posisi tertinggi sebesar 53,2.

Menurut dia, dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 28, capaian tersebut mendorong optimisme untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Ia menambahkan pertumbuhan ritel pada tahun lalu pun anjlok, padahal pada periode kuartal II yang berbarengan dengan puncak Lebaran itu seharusnya jadi momentum puncak penjualan produk makanan dan minuman. Namun, mengawali 2021 ini, pemulihan dinilai mulai dirasakan, baik dari perbaikan PMI serta mulai meningkatnya permintaan ritel.

“Mulai Januari kemarin banyak ritel yang sudah minta stok dikirim untuk persiapan puasa dan Lebaran, demikian juga pasar tradisional. Ini kami lihat ada harapan di 2021 ini,” katanya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button