Headline

Inilah Profil GM Irene Sukandar yang akan Lawan Dewa Kipas

Tahukah Anda, siapa Irene Kharisma Sukandar itu sebenarnya? Wanita yang kini berusia 28 tahun itu, adalah pecatur Indonesia pertama yang berhasil mendapat gelar Grand Master Internasional Wanita (GMIW) mulai Desember 2008.

Cewek cantik kelahiran Jakarta pada 7 April 1992 ini telah mewakili Indonesia di berbagai ajang kejuaraan dunia di antaranya dalam Olimpiade Catur tahun 2004, 2006, 2008 dan 2010. Ia bahkan pernah mengikuti kejuaraan dunia junior di bawah 14 tahun pada 2004 yang diselenggarakan di Yunani.

Selain itu, dia juga pernah menjadi juara pertama salah satunya pada tahun 2007 di turnamen catur piala Rektor Ukraina yang digelar di Ukraina.

Berita Terkait

Anak kedua dari pasangan Singgih Yehezkiel dan Cici Ratna ini sudah kenal papan catur sejak umur 7 tahun. Padahal ayahnya adalah atlet tenis meja, namun ia mengaku awalnya tidak hanya menekuni catur saja melainkan juga serius di tenis meja.

Namun, keinginan Irene untuk berkarir di dunia catur secara penuh baru muncul di usia 9 tahun. Pada saat itu ia mengikuti Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). Pada saat berusia 20 tahun, Irene pernah buat sejarah sebagai pecatur wanita pertama Indonesia yang meraih juara di Asian Continental Chess Championship kategori women standard chess. Kejuaraan tersebut menjadi ajang kualifikasi kejuaraan dunia catur wanita.

Selain catatan prestasi dan gelarnya, Irene juga pernah meraih rekor. Pada tahun 2008, Museum Rekor Indonesia menobatkannya sebagai Wanita Pertama Indonesia yang bergelar Grand Master Wanita. (dam)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button