Headline

DPR: SKB 3 Menteri Sebabkan Kegaduhan Nasional

“Jika SKB 3 Menteri itu diberlakukan, maka akan terjadi inkonsistensi dengan agenda sekolah atau Belajar Merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikud),” katanya.

Merdeka Belajar, masih ujar Debby, adalah program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. “Esensi kemerdekaan berpikir, menurut Nadiem, harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi,” ucapnya.

“Nadiem juga menyebut, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi,” imbuhnya.

Menurutnya, jilbab adalah kebebasan dari guru dan siswa dalam pengamalan hasil pendidikan karakter konsistensi. Ia menilai, SKB tiga menteri hanya menimbulkan kegaduhan nasional saja. Karena selama ini secara nasional tidak ada masalah dengan jilbab. Dan tidak ada pemaksaan kepada siapapun (non muslim), tapi bagi yang muslim dan sekolah tidak mewajibkan.

“Kalau dalam pelaksanaannya ada ekses kecil yang kasuistis, jangan malah membuat kebijakan nasional justru membuat kegaduhan nasional,” ujarnya. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button