Headline

Inilah Strategi Trisula Jokowi Basmi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Koordinator Staf Khusus Presiden, Dr. AA.GN Ari Dwipayana mengatakan sejak awal terjadi pandemi Presiden Joko Widodo menerapkan tiga strategi yang dijalankan secara simultan yang disebutnya sebagai strategi trisula.

Ari Dwipayana yang menjadi pembicara kunci Seminar Nasional FA KMHDI, dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) dengan Tema bertema “Spirit Tat Twam Asi Dalam Mengatasi Pandemi Covid-19” secara daring, Sabtu, menyatakan strategi Trisula meliputi pengendalian penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak kesehatan; program perlindungan sosial; dan pemulihan ekonomi.

“Pandemi atau gering agung Covid-19 menimbulkan bencana kemanusiaan, dimana perekonomian dunia terkontraksi sangat dalam, banyak usaha terhenti, PHK di berbagai sektor, bertambahnya pengangguran, dan memperdalam angka kemiskinan,” kata Ari.

Berita Terkait

Ia mengatakan, penanganan kesehatan menjadi prioritas utama Presiden Jokowi tapi penanganan dampak kesehatan tidak berdiri sendiri, karena dikerjakan bersamaan dengan penerapan jaring perlindungan sosial, dan pemulihan ekonomi.

Ditegaskan, saat ini kondisi ekonomi Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mulai membaik, hal ini menjadi hal positif bagi bangsa ini untuk bersama-sama menanggulangi pandemi Covid-19.

Selain itu Ari menegaskan bahwa partisipasi masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam penanganan pandemi Covid-19, baik dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, penanganan kasus Covid-19 berbasis RT/RW, dalam menekan laju kasus positif dengan strategi pembatasan berbasis lokal/mikro.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button