Nasional

Hati-hati! Si Miskin Rentan Terpapar Paham Terorisme

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni menegaskan, salah satu faktor utama penyebab terorisme adalah kemiskinan. Masyarakat yang hidup dalam kemiskinan sangat rentan didokrin oleh paham terorisme.

“Baik dengan iming-iming ekonomi, maupun imajinasi kehidupan akhirat yang lebih baik,” ujar Lisda Hendrajoni melalui gawai, Rabu (24/3/2021).

Untuk mengatasinya, menurut Politisi Nasdem ini, pemerintah harus berupaya meningkatkan kesejahteraan secara sistematis dan komprehensif melalui program-program yang terintegral dan berkesinambungan.

“Bantuan PKH, misalnya, tidak akan optimal hasilnya jika keluarga penerima manfaat (KPM) mendiami rumah yang tidak layak huni. Bantuan rumah layak huni juga belum menjamin jika mereka tidak diberi kesempatan untuk mengakses sumber daya ekonomi,” bebernya.

Untuk itu, dikatakan Lisda seluruh stakeholders harus lebih peduli terhadap lingkungan masing-masing. Dimulai dari lingkar keluarga sendiri.

“Menanamkan nilai-nilai agama, kemanusiaan dan kebhinekaan perlu dilakukan secara konsisten dan konsekuen, agar bisa membentengi diri dari paham terorisme,” imbuhnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror telah mengamankan 22 orang terduga terorisme di beberapa provinsi yang berbeda, di antaranya Jakarta, Sumatera Utara, Banten dan Sumatera Barat. Terduga terorisme berasal dari kelompok jaringan Jamaah Islamiyah (JI). (nas)

Sponsored Content
Back to top button