Nasional

Hari Tani Nasional, Refleksi Kinerja Positif Pertanian Indonesia

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan berbagai program yang sedang berjalan saat ini sedikit banyaknya sudah memberi dampak besar terhadap kesejahteraan petani.

“Saya pastikan kalau Kementan posisinya ada bersma rakyat dan bersama petani. Semua program kita juga sudah on the track,” ujar Wamentan Harvick Hasnul Qolbi saat menemui Mahasiswa yang memperingati Hari Tani Nasional 2021 di Kanpus Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (24/9/2021).

Harvick mengatakan, momentum hari tani ini sebaiknya dimanfaatkan untuk berhusnudzon (berprasangka baik) pada pemerintah. Ia menyebut pemerintah telah belerja keras untuk petani, dan pada masa pandemi ini, Kementan dihadapkan pada keterbatasan anggaran.

“Kenapa kita harus berhusnudzon, karena situasi negara kita dan negara di dunia sedang mengalami kesulitan yang luar biasa. Kita harus ingat bahwa dengan anggaran yang minim, pertanian Indonesia tetap berproduksi. Ini berkat kerja keras kita semua,” katamya.

Momentum ini menjadi refleksi kinerja sektor pertanian Indonesia. Tantangan terbesar untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani menjadi upaya konsisten Kementan. Setidaknya dalam satu tahun terakhir Nilai Tukar Petani (NTP) cenderung stabil dibanding waktu lalu, dan nilai NTP terjaga diatas 100.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button