Nasional

Hari Media Sosial, Pentingnya Edukasi Berinternet Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Jumlah pemakai media sosial dan internet di tanah air cukup banyak. Tercatat pengguna internet sebanyak 202 juta atau sekitar 73 persen dari total penduduk tanah air.

Sementara pemakai media sosial di Indonesia berdasarkan data dari We Are Social pada bulan Januari 2021 yang sudah mencapai 170 juta orang.

Namun tahun lalu ramai hasil riset Microsoft netizen Indonesia termasuk paling tidak sopan. Itu berdasarkan riset tingkat kesopanan pengguna internet sepanjang 2020.

Hasilnya, Indonesia berada di urutan ke-29 dari 32 negara yang disurvei. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah di Hari Media Sosial Nasional setiap 10 Juni.

“Mengapa netizen Indonesia termasuk tidak sopan dalam riset Microsoft, salah satunya minim edukasi sejak dini baik dari negara, orang tua, sekolah dan lingkungan sekitar,” kritik pakar keamanan siber Pratama Persadha di Jakarta, Kamis (10/9/2021).

Menurutnya negara bisa mendorong edukasi berinternet yang sehat dan aman lewat kurikulum pendidikan, yang saat ini masih belum ada.

“Umumnya para orang tua, pengambil kebijakan maupun tokoh masyarakat saat ini sebagian besar bukan native digital, jadi tidak mengenal lebih dalam dunia digital,” nilainya.

Negara tidak bisa sendiri, masyarakat, kampus dan juga pegiat siber harus diajak untuk mengedukasi di berbagai lapisan.

“Ini penting, karena pendekatan peningkatan berinternet yang positif dan sehat harus berjalan top down maupun bottom up,” kata chairman lembaga riset siber CISSReC (communication dan information system security research center) itu. (dan)

 

Sponsored Content
Back to top button