Nasional

Hari Lingkungan Sedunia, Menteri LHK Ajak Masyarakat Lebih Peduli

INDOPOSCO.ID – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap 5 Juni, harus membuat masyarakat lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu kerja sama yang baik dari setiap orang.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 adalah Restorasi Ekosistem. Pakistan bertindak sebagai tuan rumah global, sekaligus menggelar puncak acara di negara seribu cahaya tersebut.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, bahwa peringatan hari lingkungan sedunia tahun ini akan melihat peluncuran dekade Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tentang restorasi ekosistem.

“Majelis Umum PBB telah mendeklarasikan bahwa tahun 2021 hingga 2030 sebagai restorasi ekosistem. Rentang waktu ini dipilih berdasar literatur dan informasi ilmiah dari berbagai ahli,” kata Siti Nurbaya melalui keterangan virtual di Jakarta, Sabtu (5/6/2021).

Ia mengingatkan periode tersebut menyadarkan masyarakat dalam upaya mencegah dan mengurangi dampak negatif perubahan iklim pada bumi.

“10 tahun ke depan merupakan periode terpenting yang diperlukan untuk mencegah, bencana akibat perubahan iklim. Serta menjaga keanekaragaman hayati,” pesan Siti.

Selain itu, dekade restorasi ekosistem juga untuk mencegah, menghentikan dan mengembalikan degradasi ekosistem di seluruh dunia. Sehingga memulihkan dan mempertahankan dinamika populasi.

Restorasi ini dilakukan untuk membentuk generasi yang bisa berdamai dengan alam. Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan PBB pada tahun 1974.

“Saatnya kita melakukan penyesuain berpikir dan bertindak reimagined, recreate dan restore. Inilah momennya, kita adalah generasi yang berdamai dengan alam,” terangnya.

Restorasi ekosistem dapat mengambil banyak bentuk, menanam pohon, menghijaukan kota, membangun kembali kebun, mengubah pola makan atau membersihkan sungai dan pantai.

“Inilah momen kita, kita tak bisa lagi mengembalikan waktu, tapi kita bisa menanam pohon, menghijaukan tanaman, mengubah pola konsumsi, membersihkan sungai dan pantai,” tandas Siti. (dan)

Sponsored Content
Back to top button