Megapolitan

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Warga Jakarta Diminta Hijaukan Hutan

INDOPOSCO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memanfaatkan momentum peringatan Hari Lingkungan Sedunia 2021, dengan berbagai kegiatan yang bertujuan melestarikan lingkungan.

Anies menanam bambu bersama pegiat lingkungan, Babe Idin Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) dan Kerukunan Tani Perkotaan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

“Memulai Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menanam bambu dan kayu manis di Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus,” kata Anies dalam akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Sabtu (5/6/2021).

Ia mengatakan, Babe Idin dan para pegiat lingkungan lain telah melakukan konservasi ekosistem sungai di Jakarta. Aksi positif itu dapat menjadi motivasi mewujudkan kelestarian lingkungan.

Perjuangan wujudkan lingkungan benar-benar bersih masih panjang, sudah 30 tahun lebih Babe Idin berjuang menghijaukan sempadan Sungai Pesanggrahan yang tadinya penuh sampah.

“Inisiatif warga seperti ini dapat dijadikan referensi untuk menghijaukan sungai lain. Terlebih Jakarta dilewati aliran sungai alami terbanyak di Indonesia,” ujar Anies.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberi apresiasi, karena di Jakarta membutuhkan contoh dan praktik baik yang bisa dijadikan rujukan terkait upaya konservasi ekosistem.

“Jadi kita berharap jika masyarakat Jakarta ingin melihat bagaimana sebuah kawasan hijau natural di tepi kanan kiri sungai, ini adalah contohnya,” imbuhnya.

Hutan Kota Sangga Buana juga ditanami berbagai macam tanaman yang memiliki nilai ekonomi. Ada kopi, sukun, tanaman rempah, hingga menjadi sarang untuk lebah.

“Tanaman-tanaman ini jadi komoditas yang menghidupi masyarakat di bantaran sungai,” tandas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah Environment Restoration atau Restorasi Lingkungan.

Restorasi lingkungan adalah upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal mula, mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam disebabkan tangan-tangan manusia. (dan)

Sponsored Content
Back to top button