Nasional

Hari Belanja Diskon Indonesia, MenKopUKM Ajak Masyarakat Shopping

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang digagas Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) beserta mitra dan stakeholder asosiasi lain, Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM memberikan dukungan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan, HBDI menjadi momentum kebangkitan Industri Pariwisata dan Industri Ritel Indonesia, seiring dengan berjalannya program Vaksinasi Covid-19.

Teten mengatakan, penyelenggaraan HBDI di sepanjang Agustus, bertepatan dengan momen perayaan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2021 serta Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

“Saya turut pula mengapresiasi Menteri Perdagangan yang telah berkomitmen mengawal UMKM lokal, peritel kita untuk dapat mengoptimalkan sepenuhnya Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang konsisten berinovasi dalam memajukan pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” tegas MenKopUKM Teten Masduki dalam sambutan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 untuk Penyandang Disabilitas dan Kick Off Hari Belanja Diskon Indonesia 2021 di Jakarta, Jumat (9/7/2021).

Hadir Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah, dan Ketua panitia Hari Belanja Diskon Indonesia 2021 Fetty Kwartati.

MenKopUKM mengajak masyarakat luas untuk berbelanja di program HBDI. Menurutnya belanja sekarang ini bagian dari ibadah serta dapat menghidupkan kegiatan ekonomi masyarakat.

“Ayo belanjakan terutama kepada produk-produk lokal supaya ekonomi kita gerak. Saatnya kita semua berupaya membangkitkan ekonomi nasional,” kata Teten dalam rilis yang diterima indoposco.id.

Menurutnya, berdasarkan data statistik, jumlah peritel, brand dan pusat perbelanjaan yang berpartisipasi di HBDI terus meningkat setiap tahunnya. Ia menjelaskan, dalam 4 tahun jumlah peritel yang ikut serta tumbuh hampir 2 kali lipat, diikuti oleh total 500 brand berpartisipasi, serta pada tahun lalu melibatkan 375 pusat perbelanjaan di 91 kota. Bahkan, katanya, nilai transaksi HBDI 2019 sebesar Rp20 triliun dan meningkat menjadi Rp22.5 triliun pada 2020.

“Tren baik tersebut tentu juga harapannya dapat memberikan dampak positif dari sisi transaksi yang meningkat bagi peritel dan UMKM Indonesia,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button