Nusantara

Hari Anak, Saatnya Orang Tua Pentingkan Kesehatan Anak dari Covid-19

INDOPOSCO.ID – Peringatan Hari Anak yang jatuh pada 23 Juli 2021 di masa pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi para orang tua untuk lebih peduli dan mementingkan kesehatan anak dari virus corona.

Apalagi sejak varian delta masuk ke Indonesia, risiko terpapar dari virus corona terhadap anak menjadi lebih meningkat. Hingga saat ini, sekira 12,8 persen anak usia 0-18 tahun terinfesi Covid-19.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bandung, Siti Muntamah menyebut, tak hanya dari segi kesehatan, pandemi memberi dampak yang cukup besar terhadap anak. Baik itu dari segi pendidikan, sosial, mental, dan spiritual.

Pendidikan dan spiritual misalnya, sudah setahun lebih anak belajar dari jarak jauh atau virtual. Akibatnya tumbuh kembang anak menjadi tidak maksimal. Ekspresi anak menjadi terbatas.

“Dari sisi spiritual, dengan banyaknya kejadian yang sakit dan meninggal akibat Covid-19, cukup memberi dampak psikologi yang menekan terhadap anak,” kata Siti, dalam keterangannya, Jumat (23/7).

“Ada anak yang tiba-tiba kehilangan kakak, orang tua, keluarga, maupun sahabatnya, tentu ini memberi goncangan,” imbuhnya.

Maka itu, di masa pandemi ini Siti mengajak seluruh orang tua untuk lebih sadar dan lebih memperhatikan tumbuh kembang anak. Orang tua harus selalu berdialog dan bersedia mendengar aspirasi dari setiap anak.

“Perhatian yang dibutuhkan anak tentu banyak. Salah satunya tetap berikan mereka ruang untuk berekspresi, bermain, bahagia dengan pemenuhan hak anak,” ungkapnya.

Menurutnya, hal terpenting saat ini adalah setiap orang tua harus betul-betul menjamin dan memperhatikan kesehatan anak agar tidak terkena paparan virus corona. Anak terlindungi, Indonesia maju.

“Saatnya menjadi orang tua yang lebih sadar. Hadirkan keluarga yang ramah anak, perhatikan tumbuh kembang anak sesuai usia,” serunya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button