Ekonomi

Harga Jagung Naik, Petani Kediri Diuntungkan

INDOPOSCO.ID – Para petani jagung di Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, diuntungkan harga jual jagung yang cukup tinggi lebih dari Rp 3.800 per kilogram, setelah panen raya dilakukan.

“Kemarin jagung dijual bisa laku hingga Rp4.100 per kilogram, bahkan ini katanya harganya mau naik lagi,” kata Ketua Kelompok Tani Citarum Raharjo Dua, Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Sumilan di Kediri, Kamis (18/3/2021).

Ia mengatakan, di kelompok tani yang dipimpinnya ada 153 hektare lahan petani. Selain ditanami padi, petani juga menanam jagung. Untuk luas lahan jagung ada sekitar 25 hektare.

Dari panen yang dilakukan, petani mendapatkan rata-rata 8 ton per hektare. Produksi ini masih cukup bagus di musim hujan ini. Jika di kemarau, petani bisa panen antara 9-10 ton per hektare.

Ia menambahkan, dengan harga jual jagung yang senilai Rp4.100 per kilogram ini cukup bagus. Petani sudah mendapatkan untung jika dihitung dari pengeluaran selama sebelum tanam, saat tanam dan pascapanen.

Namun, ia berharap kondisi harga jagung yang bagus itu terus bertahan. Petani tidak berharap harga jagung turun, karena bisa merugi.

“Harapan kami dari kelompok tani itu harga stabil, jadi imbang dengan biaya untuk penanaman,” kata dia.

Dirinya juga menambahkan, lahan pertanian di desanya bisa ditanami hingga tiga kali, yakni dua kali jagung dan satu kali padi. Mayoritas setelah tanam jagung, petani akan tanam jagung lagi, karena cuacanya yang masih bagus.

Ia juga menambahkan, petani juga terbantu dari kebijakan Pemerintah Kabupaten Kediri yang memberikan bantuan berupa benih jagung. Ada sekitar 375 kilogram benih jagung untuk luasan lahan 25 hektare yang akan ditanami jagung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button