Nasional

Hapus Kesenjangan Upah Berbasis Gender!

INDOPOSCO.ID – Indonesia menyampaikan tiga usulan untuk dimasukkan dalam konsep/draf Deklarasi Menteri Ketenagakerjaan G20. Pernyataan tersebut diungkapkan Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi dalam keterangan, Minggu (23/5/2021).

Tiga usulan tersebut, lanjut Anwar, di antaranya menyediakan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Mencabut ketentuan, kebijakan, dan praktik dalam perundang-undangan untuk memastikan tidak dirugikannya pekerja perempuan.

“Kami juga mengusulkan perlunya perhatian khusus untuk menghapus ketimpangan antara laki-laki dan perempuan di pedesaan dan perkotaan,” bebernya.

Anwar mengatakan, tiga usulan tersebut sebagai wujud delegasi Indonesia di G20 EWG (Employment Working Group) III mendukung berbagai dokumen isu yang diangkat Presidensi Italia, Carmelo Barbarello.

“Pada pertemuan G20 EWG III ini, Italia sebagai Presidensi G20 fokus membahas konsep Deklarasi Menteri termasuk outcome deliverable yang tertuang dalam Annex-nya, khususnya Annex 1 dan Annex 2,” terangnya.

Pada sidang tersebut, lanjut Anwar, Presiden Italia juga menekankan pembahasan terkait meningkatkan kuantitas dan kualitas pekerjaan perempuan, memastikan peluang dan hasil yang setara di pasar tenaga kerja.

“Presiden Italia juga minta pembahasan kesenjangan upah berbasis gender,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button