Gaya Hidup

HAN dan Kreativitas Anak di Rumah

INDOPOSCO.ID – Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang tua dan Anak dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional (HAN) 2021 yang berlangsung pada Jumat (23/7/2021). Selain untuk menjalin kedekatan yang lebih dalam, kegiatan bersama juga dapat membangun kreativitas dan kepercayaan diri.

Pandemi Covid-19 dan PPKM membuat seluruh masyarakat untuk berdiam diri di rumah. Meski demikian, HAN tetap menjadi momen yang tepat bagi orang tua untuk memiliki waktu berharga bersama anak di rumah, sekaligus mengajarkan anak untuk selalu bersyukur dan peduli terhadap sesama.

Berikut ini adalah lima kegiatan antara orang tua dan anak yang dapat dilakukan di rumah untuk merayakan HAN, mengutip keterangan resmi Yayasan Del pada Jumat (23/7/2021).

Belajar dan Bermain

Ketika orang tua bermain bersama anak, hal tersebut akan membantu anak- anak untuk mengembangkan keahlian mereka. Mulai dari perkembangan motorik anak, kemampuan sosial dan emosional sampai dengan kemampuan dasar aritmatika.

Di masa pandemi, anak dan orang tua akan banyak menghabiskan waktu bersama, seharusnya momentum ini dimanfaatkan untuk memperkuat kedekatan dan hubungan. Hal ini penting karena ketika anak bermain dengan orang tua, mereka akan merasakan rasa aman yang tidak dirasakan saat bermain dengan orang lain.

Pembelajaran yang ingin orang tua sampaikan ke anak juga dapat diterima dengan baik, karena bermain juga bentuk komunikasi untuk anak- anak.

Bercerita atau Dongeng

Dongeng atau cerita rakyat kerap diceritakan kepada anak- anak pada zamannya, namun saat ini sepertinya dongeng dan cerita rakyat mulai pudar dari kehidupan sehari- hari.

Orang tua dapat mengenalkan kembali dongeng dan cerita rakyat ini kepada anak- anak, mengingat dongeng dan cerita rakyat dipenuhi pesan- pesan moral yang bagus untuk anak- anak. Orang tua juga dapat mendorong anak- anak untuk membaca buku cerita dan dongeng sendiri, lalu berikan pertanyaan kepada mereka apa yang yang mereka tangkap dari cerita tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button