Nusantara

Hakim PN Jember Minta Anggota DPRD Ditahan

INDOPOSCO.ID – Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember melakukan penahanan terhadap anggota DPRD Jember berinisial IB yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan penganiayaan.

“Penahanan yang kami lakukan karena ada penetapan hakim pengadilan negeri yang menetapkan penahanan terhadap terdakwa IB dalam sidang perdana yang digelar hari ini,” kata Kepala Seksi Intelijen Kejari Jember Agus Budiarto seperti dikutip Antara, Rabu (9/6/2021).

Terdakwa IB selama ini belum menjalani penahanan, dan setelah menjalani sidang perdana di Ruang Sidang Cendana PN Jember pada Rabu pukul 10.30 WIB dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Jember, maka majelis hakim memerintahkan untuk melakukan penahanan kepada terdakwa.

“Penetapan penahanan anggota dewan IB, karena hakim khawatir terdakwa melarikan diri, menghilangkan barang bukti, mempengaruhi saksi lainnya atau mengulangi perbuatannya lagi,” ujarnya.

Menurutnya, majelis hakim menetapkan penahanan badan selama 30 hari sejak 9 Juni hingga 8 Juli 2021 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jember. “Hakim punya alasan subjektif dan objektif dalam penetapan penahanan itu. Masa penahanan bisa diperpanjang, namun hal tersebut tergantung penetapan hakim karena IB merupakan tahanan hakim,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button