Headline

Haji 2021 Dibatalkan, MUI: Sabar Ini Soal Waktu Saja

INDOPOSCO.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung pembatalan pemberangkatan jemaah ibadah haji pada 1442 Hijriah/2021, demi menyelamatkan jiwa calon jemaah haji di tengah pandemi virus corona.

Menurut Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan, pembatalan itu dalam rangka mengutamakan keselamatan jiwa jemaah karena penyebaran Covid-19 terus berkembang dan mengglobal.

“Kita apresiasi keputusan Kementerian Agama. Menyelamatkan jiwa (hifdzun nafs) merupakan sesuatu yang wajib digunakan,” kata Amirsyah dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Keputusan pemerintah tersebut diyakini akan berbuah hikmah, lantaran ini merupakan bentuk ikhtiar pemerintah untuk menjaga keselamatan semua pihak yang menjadi prioritas utama.

“Tentu dari semua peristiwa ini ada hikmah yang diberi Allah SWT kepada kita semua,” ujar Cendekiawan Muhammadiyah itu.

Untuk para calon jemaah haji Indonesia yang gagal berangkat tahun ini diminta tetap bersabar dan tetap bertahan. Kini hanya menunggu waktu yang tepat, sambil memperhatikan permkembangan Covid-19 di dunia.

“Kami mengajak para jamaah haji yang tidak berangkat tahun ini tetap bersabar. Kalau tahun berikutnya berhasil diberangkatkan, tentu saja akan diprioritaskan. Pemberangkatan haji ini hanya soal waktu saja,” tandas Amirsyah.

Pemerintah resmi membatalkan pemberangkatan jemaah haji dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021. Keputusan itu diatur dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021. (dan)

Sponsored Content
Back to top button