Nasional

Hadapi Moto GP 2021, Kementerian PUPR Perbaiki 915 Rumah untuk Dukung Pariwisata Lombok

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk meningkatkan potensi wisata sekaligus meningkatkan kualitas rumah masyarakat di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan hasil pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) untuk mendukung pemulihan pariwisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, Kementerian PUPR akan terus mendukung pemerintah daerah untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional dari berbagai sektor termasuk di sektor pariwisata. Dengan demikian, hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah juga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami juga memiliki Program Sarhunta agar kawasan pariwisata dapat tertata dengan baik. Rumah-rumah penduduk yang berada di dalam kawasan dan koridor masuk kawasan wisata kami bedah sehingga kualitas hunian masyarakat bisa lebih layak huni,” ujarnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Rini Dyah Mawarty menyatakan, tahun lalu Direktorat Jenderal Perumahan menganggarkan dana sebesar Rp 62,22 Milyar untuk membangun 915 unit rumah melalui Program Sarhunta.

Dari jumlah tersebut sebanyak 817 unit telah dibangun di Kabupaten Lombok Tengah, yakni di sepanjang koridor masuk kawasan Mandalika sebanyak 517 unit dan 300 unit untuk rumah singgah atau homestay serta usaha lainnya mendukung pariwisata. Sedangkan sisanya sebanyak 98 unit telah di bangun di Kabupaten Lombok utara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button