Nasional

Gunung di Kongo Meletus, Ribuan Warga Mengungsi

INDOPOSCO.ID – Lahar dari letusan gunung berapi mencapai bandara kota utama Republik Demokratik Kongo, Goma pada Sabtu (22/5/2021). Akibat letusan tersebut, ribuan orang dievakuasi dari kota itu.

Warga Goma, mengingat letusan terakhir Gunung Nyiragongo pada 2002 yang menewaskan 250 orang dan menyebabkan 120.000 kehilangan tempat tinggal, menyambar kasur dan barang-barang lainnya.

Saat cahaya merah dari gunung berapi, salah satu yang paling aktif di dunia, mewarnai langit malam hari di atas kota tepi danau berpenduduk sekitar 2 juta jiwa, beberapa melarikan diri ke timur menuju perbatasan dengan negara tetangga Rwanda, sementara yang lain melarikan diri ke barat.

Berita Terkait

Dario Tedesco, seorang ahli vulkanologi yang berbasis di Goma, mengatakan retakan baru sedang dibuka di Nyiragongo, memungkinkan lahar mengalir ke selatan menuju Goma setelah awalnya mengalir ke timur menuju Rwanda.

“Sekarang Goma adalah targetnya. Ini mirip dengan letusan 2002 dan mungkin berhenti sebelum atau berlanjut. Sulit memperkirakannya,”kata Tedesco seperti dikutip dari Reuters.

Sumber Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan semua pesawat PBB telah dievakuasi ke kota Bukavu di selatan dan Entebbe di negara tetangga Uganda. Listrik juga padam di sebagian besar Goma dan saluran telepon sibuk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button