Nasional

GTRA Summit Bentuk Revitalisasi GTRA dalam Pelaksanaan Reforma Agraria

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mendorong pelaksanaan Reforma Agraria, salah satunya menginisiasi pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan pada Oktober 2021. Tidak sendiri, dalam pelaksanaan kegiatan ini Kementerian ATR/BPN juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

GTRA Summit akan mengambil tema “Paduserasi Implementasi UUCK: Harmonisasi Tata Ruang, Reforma Agraria dan Perlindungan Masyarakat Adat, Tradisional dan Lokal” dan secara khusus adalah pelaksanaan Reforma Agraria di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil dan pulau-pulau kecil terluar pasca ditetapkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK).

“Melalui GTRA Summit diharapkan terjadi revitalisasi GTRA untuk mendukung pelaksanaan Reforma Agraria,” ujar Direktur Jenderal Penataan Agraria, Andi Tenrisau, Jumat (09/07/2021).

GTRA Summit merupakan wujud kerja sama dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam percepatan Reforma Agraria untuk menyelesaikan isu-isu dalam proses sinkronisasi penataan aset dan penataan akses, serta upaya untuk adanya terobosan terhadap penyelesaian tumpang-tindih perizinan, tata ruang, serta kawasan hutan.

Andi Tenrisau mengemukakan bahwa tujuan utama dari GTRA Summit adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui percepatan kegiatan Reforma Agraria di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara umum, khususnya di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button