Olahraga

GP Rusia: Norris Klaim Pole Position Pertama

INDOPOSCO.ID – Pebalap McLaren Lando Norris meraih pole position perdana dalam kariernya setelah tampil tercepat di babak kualifikasi Grand Prix Rusia dengan kondisi trek basah.

Carlos Sainz dari tim Ferrari akan mendampingi sang pebalap muda Inggris di baris terdepan di Sirkuit Sochi, sedangkan George Russell mengamankan P3 untuk Williams, demikian Reuters.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton akan start satu posisi di belakang calon rekan satu timnya di Mercedes tahun depan itu setelah menabrak pagar pembatas jalur pit, merusak sayap depan mobilnya.

Sementara itu, pemuncak klasemen sementara Max Verstappen akan start dari posisi paling belakang setelah Red Bull memutuskan menyematkan power unit baru di mobil sang pebalap Belanda, melebihi alokasi per musim sehingga berbuah penalti.

Verstappen saat ini mengantongi keunggulan lima poin dari Hamilton setelah 14 balapan.

Hujan deras yang turun pada Sabtu pagi telah memaksa penyelenggara meniadakan sesi latihan bebas ketiga, dan apabila cuaca tak kunjung membaik maka kualifikasi berpotensi digeser ke Minggu pagi.

Di Q1 dan Q2 para pebalap melaju menggunakan ban intermediate, dan ketika trek Sochi mengering mereka beralih ke ban slick untuk tampil lebih cepat di Q3.

Norris menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi terakhir itu untuk mengklaim posisi start terdepan, yang pertama kalinya bagi McLaren sejak 2012, setelah unggul 0,517 detik dari Sainz.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button