Nusantara

Gorontalo Bidik Produksi Porang

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo mendorong petani di wilayah itu untuk membudidayakan porang, yakni tipe tumbuhan umbi sebagai sumber karbohidrat serta energi yang sehat pengganti beras.

“Budidaya porang ini merupakan inovasi serta terobosan, yang bisa memberi nilai tambah untuk para petani dalam meningkatkan kesejahteraannya,” tutur Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pada Bimbingan Teknis Sertifikasi Benih Porang yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo di Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, Kamis (29/7).

Menurut Wagub Gorontalo, hal itu sejalan dengan upaya Kementerian Pertanian RI yang telah menetapkan porang serta sarang burung walet sebagai komoditas super prioritas, untuk meningkatkan nilai ekspor pertanian.

Idris Rahim juga mengemukakan kalau disaat ini porang merupakan komoditas ekspor dengan negara tujuan seperti Jepang, China, Australia, serta Vietnam. ekspor porang dari Indonesia pada tahun 2020 sebanyak 32.000 ton, dengan angka ekspor mencapai Rp1,42 triliun, ataupun meningkat 160 persen dari angka ekspor tahun 2019.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button